Monday, January 25, 2016

Menyimpan Sebagian Halaman file PDF, Dengan Menggunakan Browser Chrome

Sejak anak pertama saya masuk sekolah, saya sering mengunduh referensi-referensi buku yang bisa menunjang pelajaran sekolahnya. Dari mulai buku pelajaran sampai dengan latihan-latihan soal. Ini saya maksudkan agar anak saya bisa lebih banyak membaca berbagai macam referensi dan melatih kemampuan analisanya dengan berbagai macam variasi soal. Kebanyakan referensi buku dan latihan-latihan soal yang saya unduh berbentuk dalam PDF. 

File PDF tersebut biasanya terdiri dari banyak halaman, padahal kita hanya membutuhkan beberapa halaman saja yang akan kita simpan terlebih dahulu. Agak kesulitan awalnya bagaimana cara menyimpan sebagian halaman file PDF. Banyak cara yang saya baca namun ada beberapa yang harus mengunduh terlebih dahulu software untuk menyimpan sebagian halaman file PDF tersebut. Setelah melakukan beberapa kali pencarian dengan bermacam kata kunci melalui eyang google, akhirnya ditemukan cara yang mudah bagaimana menyimpan sebagian halaman file PDF yaitu dengan menggunakan browser chrome. 


Cara tersebut sangat mudah dan efektif, dan disini saya mencoba membagi ulang pengalaman saya dalam menyimpan sebagian halaman PDF yang telah diunduh. 

Kurang lebih begini caranya :

1. Pertama kita ketikan di browser chrome >>  file:///D:/  ,  (tergantung kita menyimpan file dimana, saya menyimpannya di D )


klik gambar untuk memperjelas

2. Pilih file PDF yang akan kita simpan sebagian halamannya




3. Klik/buka file tersebut, lalu klik tombol print di pojok kanan atas.




4. Isi halaman yang akan disimpan, dan merubah tombol "ubah" menjadi save as PDF. Ingat, halaman tersebut bukan yang tertera di lembar dokumen, namun urutan halaman dari awal dokumen. Pada contoh ini, saya akan menyimpan halaman 12 sd 15 .





5. Klik tombol "save" dan tempatkan di folder yang kita inginkan.




Demikian beberapa langkah yang bisa kita lakukan, bagaimana cara menyimpan sebagian halaman file PDF, dengan menggunakan browser crhome. 

Semoga Bermanfaat. :)


1 comment:

terimakasih sudah meninggalkan komentar, kritik dan saran :)