Saturday, January 16, 2016

Satu Suara, Melawan Teroris


Kejadian Bom Sarinah yang baru-baru ini terjadi sangat memperihatinkan. Masyarakat lagi-lagi dibuat panik dan terancam oleh ulah para teroris yang tidak bertanggung jawab. Aksi keprihatinan pun serentak dilakukan oleh masyarakat. Mulai dari melakukan orasi di jalan, bahkan slogan-slogan anti teroris pun dikumandangkan di jagat maya oleh para netizen. Pesannya jelas, bahwa mereka mengutuk tindakan tersebut dan menyatakan tidak takut melawan ancaman dari teroris.

Tentu dalam menangani kejadian ini pemerintah melalui kepolisian dan lembaga-lembaga terkait yang menangani anti teror, harus segera mengambil tindakan preventif untuk menghalau segala kemungkinan yang akan terjadi kelak. Mulai dari pengamanan yang ekstra ketat, intelejen yang terus mengawasi perkembangan organisasi-organisasi teror ini harus terus menerus secara berkesenimbangan dilakukan. Dan tentu tak ketinggalan peran masyarakat dalam hal ini sangatlah penting. Kita sebagai warga negara Indonesia yang bersatu dan berdaulat, harus ikut waspada dalam menangani ancaman teroris yang setiap saat bisa terjadi. 

Ada beberapa hal yang kiranya harus dilakukan oleh masyarakat dalam ikut serta menjaga keamanan diantaranya adalah :

1. Kembali menggalakan penjagaan keamananan di setiap kampung.
2. Mulai peduli terhadap lingkungan di sekitar.
3. Selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat jika melihat hal-hal yang patut dicurigai.
4. Memberikan pengertian kepada keluarga terdekat akan bahaya ancaman teroris ini.
5. Para tokoh masyarakat/tokoh agama selalu senantiasa memberikan nasehat kepada masyarakat, dan     masih banyak lagi yang bisa kita lakukan.

Dan tentu yang paling penting dari semuanya itu adalah senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan antara suku, agama dan segala perbedaaan yang ada di negara kita. Hendaknya kita tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu perbedaan yang bisa memecah belah persatuan di antara kita.

Perbedaaan yang kita punya di negeri Indonesia yang kaya ini teramatlah besar. Sedikit saja perbedaan ini terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sangatlah mudah dicerai beraikan. Kita tidak akan pernah perduli terhadap sesama, jika yang kita kedepankan adalah sebuah perbedaan. Bagaimana mungkin kita akan menjadikan teroris adalah sebagai musuh bersama yang harus kita tumpas, jika kita sendiri selalu saja saling serang karena sebuah perbedaan.

Jayalah Negeriku, Aman dan Sejahteralah Bangsaku....... MERDEKA !!!!

No comments:

Post a Comment

terimakasih sudah meninggalkan komentar, kritik dan saran :)